Warren Buffett Ungkap 7 Kebiasaan yang Bikin Susah Kaya

Berita55 Dilihat


Jakarta, CNBC Indonesia – Warren Buffett seringkali dipuji sebagai salah satu investor terhebat di zaman ini. Ia memiliki pelajaran berharga mengenai kebiasaan belanja dan keuangan pribadi yang biasa dimiliki oleh orang kaya.

Diketahui, orang miskin sering terhalang jebakan finansial. Menurut Buffett, orang yang memiliki kekurangan finansial seringkali terjebak menghamburkan uang di pos-pos yang tidak seperlunya.

Buffett pun mengungkapkan tujuh pos yang diidentifikasi sebagai area dimana uang sering terbuang. Hal ini memberikan peta jalan untuk pilihan keuangan yang lebih bijaksana demi menggapai kekayaan jangka panjang.

Berikut adalah tujuh hal yang menurut Warren Buffett membuat orang miskin membuang-buang uang, dikutip dari newtraderu.com:

1. Hutang Berbunga Tinggi

Buffett dikenal karena gaya hidupnya yang hemat dan tidak suka membuang-buang uang. Dia memandang utang berbunga tinggi, seperti utang kartu kredit, sebagai pilihan finansial yang buruk.

“Saya telah melihat lebih banyak orang gagal karena minuman keras dan leverage – leverage adalah uang pinjaman. Anda tidak terlalu membutuhkan pengaruh di dunia ini. Jika Anda pintar, Anda akan menghasilkan banyak uang tanpa meminjam,” ungkap Warren Buffett.

2. Merek Mewah

Buffett sering menekankan nilai dibandingkan nama merek. Dia mungkin menganggap pengeluaran untuk barang, termasuk fesyen bermerk mewah tidak diperlukan.

“Harga adalah apa yang Anda bayar. Nilai adalah apa yang Anda dapatkan,” tuturnya.

3. Mobil Baru

Buffett terkenal dengan pilihan mobilnya yang sederhana. Ia menilai mobil baru dengan harga diler penuh yang cepat terdepresiasi adalah pemborosan.

Dalam sebuah film dokumenter BBC, putri Warren Buffett, Susie Buffett, mengatakan bahwa dia membeli mobil yang bisa dia dapatkan dengan harga lebih murah – seperti mobil yang rusak akibat hujan es. Mobil-mobil tersebut sudah diperbaiki, tidak terlihat rusak akibat hujan es, dan menjadi bagian rutin dari gaya hidup Buffett.

Baca Juga  BTN Cetak Laba Rp 3,5 T Sepanjang 2023, Naik 14.94%

4. Makan di Restoran Mahal

Dikenal karena selera makanannya yang sederhana, Buffett mungkin memandang makan malam yang mahal dan sering di luar sebagai pengeluaran yang bisa dihindari. Warren Buffett terkenal sarapan di McDonald’s hampir setiap pagi selama masa kerjanya.

Namun, bukan sembarang menu yang ia pesan. Buffett memilih sarapan sederhana. Dia juga pernah mencoba menggunakan kupon di McDonald’s saat makan bersama Bill Gates.

5. Tiket Lotere dan Perjudian

Buffett adalah pendukung investasi dibandingkan perjudian. Dia mungkin melihat tiket lotre sebagai penggunaan uang yang buruk dan pajak bagi orang yang tidak bisa berhitung.

Pada konferensi pemegang saham Berkshire Hathaway tahun 2007, dia menyebut perjudian sebagai “pajak atas ketidaktahuan” dan “tindakan yang cukup sinis.”

6. Gadget Trendi

Pendekatan praktis Buffett mungkin meluas ke skeptisisme terhadap terus-menerus meningkatkan teknologi terbaru. “Jika Anda membeli barang yang tidak Anda butuhkan, Anda akan segera menjual barang yang Anda butuhkan,” tuturnya.

7. Skema Menjadi Kaya dengan Instan

Buffett menganjurkan investasi jangka panjang daripada mengejar keuntungan cepat. “Investasi yang Sukses membutuhkan waktu, disiplin, dan kesabaran. Terlepas dari bakat atau usahanya, ada beberapa hal yang membutuhkan waktu: Anda tidak dapat menghasilkan bayi dalam satu bulan dengan hamil sembilan wanita,” kata Buffet.

[Gambas:Video CNBC]


Artikel Selanjutnya


Belajar dari Munger, Banyak Masalah Bukan Alasan Miskin

(ayh/ayh)


Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *