Top! Jumlah Nasabah Kredit Mikro BRI Kalahkan Grameen Bank

Berita41 Dilihat

Jakarta, CNBC Indonesia – Presiden Joko Widodo memberikan apresiasi kepada PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. Lewat subholdingnya seperti Ultra Mikro (Umi) dan PNM Mekaar, BRI memiliki puluhan juta nasabah.

Pada kesempatan itu, Jokowi bilang jumlah nasabah kredit mikro BRI mengalahkan Grameen Bank yang dimiliki Muhammad Yunus. Dengan memiliki 6,5 juta nasabah, M Yunus disebut Jokowi sudah mendapatkan penghargaan nobel.

Harusnya menurut Jokowi, Dirut BRI Sunarso juga mendapatkan nobel. BRI lewat UMi mampu mencetak jumlah nasabah yang cukup banyak yaitu 8,2 juta. UMi memberikan kredit sampai Rp 10 juta. Sedangkan PNM Mekaar yang bisa memberikan kredit maksimal Rp 25 juta jumlah nasabahnya 15,2 juta.

Foto: (CNBC Indonesia/Tri Susilo)
Presiden RI Joko Widodo memberi sambutan di acara BRI Microfinance Outlook 2024, Jakarta, 7/4. (CNBC Indonesia/Tri Susilo)

“Grameen Bank Bapak Muhammad Yunus dapat nobel karena Grameen Bank membuat nasabah 6,5 juta, ini harusnya Pak Dirut Pak Sunarso sudah diberikan Nobel harusnya,” ungkap Jokowi di BRI Microfinance Outlook 2024 di Menara BRILiaN, Jakarta Selatan, Kamis (7/3/2024).

“Mungkin belum dapat karena tidak ada yang mengusulkan, mungkin bisa diurus untuk urusan-urusan nobel,” imbuh Jokowi.

Jokowi juga menyebut penyaluran kredit yang dilakukan PNM Mekaar juga cukup banyak. Hal ini yang harusnya juga diapresiasi.

“Karena yang saya tahu saya beri contoh PNM Mekaar dari 400 ribu sekarang 15,2 juta kemudian kredit yang diberikan sudah Rp 244 triliun dari yang sebelumnya 2015 saya ingat kurang lebih Rp 800 miliar kemudian masuk ke Rp 244 triliun itu angka lompatan besar sekali. Mestinya hal-hal ini diberikan apresiasi,” jelasnya.

Baca Juga  Backlog Rumah 12,7 Juta Unit, PUPR Minta Kredit Disesuaikan untuk Milenial dan YouTuber : Okezone Economy

[Gambas:Video CNBC]


Artikel Selanjutnya


Mesin Pendorong Ekonomi, Jokowi: UMKM Harus Dapat Perhatian Khusus

(wur/wur)


Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *