Presiden Jokowi: Hilirisasi Pahit bagi Pengekspor tapi Manis untuk Kesejahteraan Masyarakat : Okezone Economy

Berita85 Dilihat

JAKARTA – Presiden Jokowi menilai kebijakan hilirsasi menjadi pil pahit bagi pengekspor yang biasa mengirim bahan mentah Indonesia ke luar negeri. Pasalnya dengan hilirisasi, Sumber Daya Alam (SDA) yang ada harus dikelola di Indonesia.

Jokowi mengatakan, hilirisasi yang kita lakukan adalah hilirisasi tidak hanya pada komoditas mineral, tapi non mineral seperti sawit, rumput laut, kelapa dan komoditas potensial lainnya. Di mana perusahaan-peruahaan akan bermitra dengan UMKM, petani, nelayan hingga manfaat hilirisasi ini terasa manfaatnya bagi Indonesia.

“Upaya ini sedang dilakukan dan harus terus dilanjutkan. Ini memang pahit bagi pengekspor bahan mentah. Ini juga pahit bagi pendapatan negara dalam jangka pendek. Tapi jika ekositem telah terbentuk, pabrik beroperasi, saya pastikan ini berbuah manis pada akhirnya terutama bagi kesejatheraan masyarakat,” ujarnya, dalam Pidato Kenegaraan di Ruang Sidang Paripurna DPR RI, Jakarta, Rabu (16/8/2023).

Jokowi mengaku tidak mau melihat Indonesia hanya memiliki Sumber Daya Alam tanpa bisa mengolahnya sendiri. Pasalnya, hal tersebut tidak akan membuat sejahtera masyarakat.

Baca Juga: 7 Keunggulan Mobil Innova Reborn, Wajib Tahu Sebelum Beli!


Follow Berita Okezone di Google News


“Punya SDA saja tidak cukup. Memiliki juga tidak cukup, karena itu akan membaut kita Bangsa pemalah, hanya jual bahan mentah kekayaan tanpa ada keberlanjutan. Saya ingin tegaskan RI tidak boleh seperti itu. RI harus jadi negara yang juga mampu mengeolah SDA,” ujarnya.

Dalam hilirisasi, pemerintah juga mewajibkan perusahaan tambang untuk membangun pusat pembibitan dan persemaian untuk pasca-tambang.

Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis Okezone.com tidak terlibat dalam materi konten ini.

Baca Juga  Live Now! Sekuritas dan MI Ungkap Tren Terkini Pasar Modal RI

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *