Prabowo Menang Quick Count, IHSG Lompat-Asing Borong Rp2,73 T Saham RI

Berita62 Dilihat


Jakarta, CNBC Indonesia – Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) mencatatkan performa gemilang pada perdagangan perdana pasca diselenggarakannya pemilihan umum (pemilu) serentak di Indonesia tengah pekan ini. 

Pada perdagangan Kamis (15/2/2024) kemarin, IHSG dibuka lompat 2% lebih di sesi awal meski kemudian memangkas penguatan dan akhirnya ditutup menguat naik 1,30% ke 7.303,28 di akhir sesi perdagangan. Lompatan signifikan IHSG kemarin salah satunya datang dari keyakinan investor bahwa pemilu presiden 2024 berpotensi akan satu putaran, berdasarkan data quick count mayoritas lembaga survey yang menyebut pasangan nomor urut 02 Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka unggul di kisaran 56% hingga 59%.

Perdagangan kemarin ikut ditandai dengan melejitnya saham-saham yang berpotensi mengais keuntungan dari janji kampanye Prabowo-Gibran. Saham-saham BUMN Karya tercatat menguat signifikan, begitu pula sejumlah saham properti dan infrastruktur yang akan turut serta dalam pembangunan IKN, program yang dijanjikan pasangan 02 untuk tetap dilanjutkan. Saham-saham di sektor konsumer juga ikut melonjak didorong momentum janji kampanye makan siang dan susu gratis, begitu pula saham-saham tambang nikel yang mencerminkan kepercayaan investor Prabowo akan melanjutkan hilirisasi Jokowi.

Saham sejumlah emiten milik pengusaha yang ikut menjadi pemangku kepentingan di sejumlah proyek janji kampanye atau yang menyatakan dukungan terbuka kepada pasangan calon nomor urut 02 juga tercatat ikut mengalami kenaikan signifikan pada perdagangan kemarin.

Perdagangan bursa kemarin tercatat ramai dengan nilai transaksi mencapai Rp 16,64 triliun yang melibatkan 21,26 miliar saham dan berpindah tangan 1,48 juta kali. Sebanyak 348 saham menguat, 201 melemah dan 227 lainnya stagnan. 

Sementara itu investor asing mencatatkan aksi beli bersih (net buy) Rp 2,73 triliun di seluruh pasar, dengan rincian Rp 2,33 triliun dilakukan di pasar reguler dan Rp 408 miliar di pasar negosiasi dan tunai.

Baca Juga  Suku Bunga BI Naik, Likuiditas Masih Aman

Kemarin saham perbankan menjadi yang paling banyak diincar asing. Secara spesifik berikut 10 saham yang paling diburu asing usai pemilu, mengutip data RTI Business.

  1. PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. (BMRI) – Rp541,4 miliar
  2. PT Bank Central Asia Tbk. (BBCA) – Rp466,5 miliar
  3. PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. (BBRI) – Rp347,6 miliar
  4. PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. (BBNI) – Rp217,8 miliar
  5. PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk. (TLKM) – Rp205,4 miliar
  6. PT MD Pictures Tbk. (FILM) – Rp165,8 miliar
  7. PT Semen Indonesia (Persero) Tbk. (SMGR) – Rp69,0 miliar
  8. PT Barito Pacific Tbk. (BRPT) – Rp68,2 miliar
  9. PT Unilever Indonesia Tbk. (UNVR) – Rp61,6 miliar
  10. PT Amman Mineral Internasional Tbk. (AMMN) – Rp55,3 miliar

[Gambas:Video CNBC]


Artikel Selanjutnya


IHSG Cetak Rekor ATH, Asing Diam-diam Borong 10 Saham Ini

(fsd/fsd)


Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *