Mau Mulai Investasi? Ini 5 Instrumen yang Cocok Untuk Anak Muda

Berita50 Dilihat

Jakarta, CNBC Indonesia – Apakah anda berencana untuk mulai berinvestasi dan bertanya-tanya bagaimana cara menghasilkan uang dari tabungan Anda? Menginvestasikan uang Anda di pasar modal dapat menghasilkan keuntungan yang luar biasa.

Namun berinvestasi bisa terasa menakutkan dan mengintimidasi, terutama bagi investor pemula. Untungnya, ada beberapa opsi yang dianggap sebagai investasi terbaik untuk pemula yang sesuai dengan berbagai tujuan, anggaran, dan tingkat kenyamanan.

Berikut merupakan instrumen investasi yang cocok untuk pemula di usia muda, dikutip dari Time.com:

Deposito jangka pendek

Sertifikat deposito adalah jenis rekening tabungan yang menawarkan bunga lebih tinggi dibandingkan rekening tabungan tradisional. Dengan deposito, Anda menyetor sejumlah uang tunai untuk jangka waktu yang disepakati. Selama jangka waktu, Anda tidak dapat mengakses dana tanpa membayar denda. Setelah deposito mencapai jatuh tempo, Anda dapat menarik atau menyetorkan dana ke deposito baru.

Jangka waktu deposito berkisar antara 6 bulan hingga 5 tahun. Deposito jangka panjang biasanya memiliki bunga yang lebih tinggi. Namun Anda dapat menemukan beberapa deposito tanpa penalti jangka pendek

Money Market Fund

Opsi berisiko rendah lainnya adalah rekening pasar uang – jenis rekening tabungan lain dengan imbal balik lebih tinggi daripada rekening tradisional. MMA memiliki manfaat tambahan, seperti kartu debit atau kemampuan menulis cek, yang berarti Anda dapat mengakses uang saat diperlukan.

Bank AS menawarkan opsi rekening pasar uang kompetitif yang memungkinkan akses mudah ke dana Anda melalui kartu debit atau cek, sekaligus memperoleh Hasil Persentase return Tahunan yang lebih tinggi daripada rekening tabungan tradisional untuk tabungan berisiko rendah.

Reksa dana

Daripada memasukkan uang Anda ke dana individu, pertimbangkan untuk berinvestasi di reksa dana. Reksa dana adalah sekelompok investasi yang bagiannya Anda beli, dan manajer menentukan di mana akan menginvestasikan uangnya.

Baca Juga  Bank Permata Percepat Digitalisasi dengan Teknologi Kecerdasan Buatan

Ini membantu Anda mendiversifikasi investasi dan menghindari menaruh semua telur Anda dalam satu keranjang. Saat Anda masih muda, kemungkinan besar Anda akan memiliki lebih banyak uang di saham, yang memiliki risiko lebih tinggi namun memiliki potensi penghasilan jangka panjang yang lebih besar.

Saat Anda mendekati usia pensiun, campuran investasi Anda akan berubah menjadi obligasi, yang risikonya lebih rendah dan dapat membantu menjamin Anda akan memiliki penghasilan tetap di masa pensiun. Memilih reksa dana dengan tanggal target memungkinkan Anda menentukan tanggal pensiun sehingga dana tersebut akan fokus terutama pada saham ketika Anda masih muda dan beralih ke obligasi saat Anda mendekati masa pensiun.

Exchange-traded funds (ETFs)

ETF mirip dengan reksa dana indeks yang melacak indeks pasar tertentu seperti S&P 500. Perbedaannya adalah ETF dibeli dan dijual sepanjang hari, dan investor membelinya dengan harga saham yang berfluktuasi-sama seperti dana individu. ETF biasanya lebih murah untuk dibeli dan dikelola dibandingkan reksa dana.

Saham

Berinvestasi pada saham individu memang berisiko-tetapi hal ini dapat membuahkan hasil dalam jangka panjang jika Anda melakukannya dengan benar. Saat Anda membeli saham, pada dasarnya Anda membeli kepemilikan saham dalam sebuah bisnis.

Dengan membeli saham pada waktu yang tepat (seperti ketika sebuah bisnis baru saja dimulai dan menunjukkan banyak potensi), Anda dapat mengembangkan kekayaan Anda bersama perusahaan.

Jika Anda belum pernah membeli saham sebelumnya, hal ini mungkin tampak menakutkan. Namun, Anda dapat menggunakan perdagangan kertas untuk berlatih berinvestasi di saham.

Perdagangan saham memungkinkan Anda mempelajari cara berinvestasi di saham tanpa risiko karena Anda sebenarnya tidak menggunakan uang apa pun, jadi saat Anda siap berinvestasi, Anda akan merasa nyaman dengan prosesnya.

Baca Juga  Hari Ini Cum Date, Jangan Ketinggalan 'THR' Dividen BRI!

[Gambas:Video CNBC]


Artikel Selanjutnya


Potret Kemeriahan Investment Expo 2023 Hari ke-3

(fsd/fsd)


Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *