Dari Perbankan Hingga Layanan TI, Intip Geliat Grup KB Bank di Dunia

Berita23 Dilihat


Jakarta, CNBC Indonesia – Bicara Korea Selatan tentu tidak terlepas dari budaya K-Pop yang memang dalam satu dekade terakhir gencar menyerbu para pemirsa di Tanah Air. Lewat tayangan drakor dan grup idol, Korea Selatan sukses memenuhi ruang keluarga dan gadget masyarakat di Indonesia.

Budaya K-Pop ini menyusul industri elektronik dan kendaraan bermotor asal Negeri Ginseng yang sudah lebih dulu mendunia. Tapi tahukah masih ada hal lain yang cukup ikonik dari Korea Selatan?

Sebagai salah satu negara maju di dunia, Korea juga memiliki industri keuangan yang sophisticated. Lewat berbagai produk dan layanan keuangan, entitas-entitas bisnis asal Korea membantu baik masyarakat dan korporasi untuk bisa mencapai tujuan finansial.

Salah satu entitas keuangan yang sangat ikonik di Korea Selatan adalah KB Financial Group (KBFG). Tidak tanggung-tanggung, konglomerasi ini memiliki 8 lini bisnis untuk bisa mengoptimalkan Solusi finansial kepada para pengguna layanannya. Berdasarkan rangkuman data Financial Statistics Information System milik The Financial Supervisory Service (FSS) Korea, lewat 56 anak usahanya, KBFG menghadirkan layanan menyeluruh bagi para pelanggan di seluruh jaringan usahanya.

Layanan yang ditawarkan mencakup banking, securities, insurance, credit card, investment, special credit, savings bank dan Non-Financial Ops (data system dan credit information). Cakupan usahanya pun hadir di beberapa negara, mulai dari kawasan Asia Pasifik seperti Indonesia, Kamboja, Vietnam, Singapura, Myanmar, Thailand, Laos, Hong Kong, China, Jepang. Hingga Selandia Baru dan India.

KBFG juga hadir di Inggris lewat kantor cabang Kookmin Bank London. Sementara di dataran Amerika, KBFG tampil lebih spartan dengan kehadiran Kookmin Bank cabang New York yang menawarkan layanan corporate banking. Lalu ada KBFG Securities America Inc, yang menawarkan layanan equity, fund, outbound night desk.

Kemudian masih ada Leading Insurance Services, Inc. dan Kookmin Best Insurance Co., Ltd yang menghadirkan layanan asuransi. Tidak ketinggalan ada KBFG Investment cabang Boston, yang menawarkan layanan terkait investasi.

Baca Juga  AS & Inggris Serang Houthi Yaman, Minyak Mendidih

Di Indonesia, KBFG hadir cukup semarak dengan enam entitas usaha, antara lain PT Bank KB Bukopin Tbk (BBKP) atau KB Bank, yang menawarkan produk dan layanan perbankan. Lalu ada PT KB Valbury Sekuritas yang punga fokus bisnis sekuritas. Juga ada PT Kookmin Best Insurance Indonesia yang menyediakan produk asuransi. PT KB Finansia Multi Finance (Kredit Plus) dan PT Sunindo Kookmin Best Finance di lini bisnis pembiayaan atau multifinance. Tidak ketinggalan juga ada PT KB Data System Indonesia, yang menawarkan layanan pengelolaan dan konsultasi sistem operasional teknologi informasi perusahaan.

Dilansir dari The Korea Herald, CEO KBFG, Yang Jong-Hee bahkan menyebut prospek di Indonesia menjadi prioritas dalam periode kepemimpinannya. Jong-Hee, yang sebelumnya menjabat posisi vice chairman di konglomerasi keuangan Korea itu siap membawa KB Bank mencetak laba.

“Saya telah memperoleh insights ke dalam seluruh bisnis grup, termasuk perbankan. Lebih lagi, saya sudah bekerja di bank untuk waktu 20 tahun,” tuturnya beberapa waktu lalu.

Di Indonesia, KB Bank telah resmi hadir melengkapi perjalanan transformasinya. Kala bagian dari KBFG, yakni KB Kookmin Bank, masuk mengakuisisi Bank Bukopin pada 2018, dan memperbesar porsi kepemilikan sahamnya menjadi 67% pada 2020.

Awal tahun ini, Perseroan resmi mengubah merek dan logo dagangnya dari Bank KB Bukopin menjadi KB Bank. Presiden Direktur KB Bank, Tom (Woo Yeul) Lee menyebut, pihaknya memperkenalkan identitas baru yang mencerminkan nilai-nilai, visi, dan komitmen dalam memberikan layanan terbaik kepada nasabah.

“Kami yakin dengan penggantian nama ini akan semakin meningkatkan kepercayaan nasabah sekaligus memperkuat brand ‘KB’ sebagai bank yang terdepan, terpercaya dan dicintai masyarakat Indonesia,” tukasnya.

Baca Juga  6 Pekan Beruntun Asing Tanam Uang ke RI, Rupiah Perkasa

[Gambas:Video CNBC]


Artikel Selanjutnya


Lihat Potensi RI Masih Besar, KB Bank Bidik Sektor Ini

(dpu/dpu)


Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *