Calon ADK OJK Adi Budiarso Akan Fokus Penguatan Lembaga Keuangan Mikro

Berita103 Dilihat

Satu calon Kepala Eksekutif Pengawas Lembaga Pembiayaan, Perusahaan Modal Ventura, Lembaga Keuangan Mikro, dan Lembaga Jasa Keuangan Lainnya Otoritas Jasa Keuangan Adi Budiarso akan fokus membangkitkan Lembaga Keuangan Mikro (LKM). 

Hal ini disampaikan Adi saat menjalani uji kelayakan dan kepatutan atau fit and proper test sebagai calon Anggota Dewan Komisioner OJK yang baru di hadapan Komisi XI DPR, Senin (10/7). Menurutnya, dengan bangkitnya LKM akan menjadi penguatan segmen usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).

Dia memaparkan, LKM merupakan program pemerintah untuk agribisnis, pertanian, hingga kementerian sosial sehingga dukungan sinergi lintas unit sangat diperlukan disertai pemberdayaan Sumber Daya Manusia. “Kami akan mendorong peran daerah bisa ditingkatkan untuk memperkuat ujung tombak dari instrumen seperti LKM,” kata Adi.

Pria yang masih menjabat sebagai Kepala Pusat Kebijakan Sektor Keuangan, Badan Kebijakan Fiskal Kementerian Keuangan ini mengatakan penguatan tersebut untuk menyentuh masyarakat yang membutuhkan pendanaan, terutama untuk masyarakat yang tidak mendapatkan akses sama sekali di industri jasa keuangan alias unbanked. 

“Sektor keuangan akan menjadi indikator kemajuan bangsa dan modal utama bagi kita menjadi high income country. Indikator ini sangat jelas terlihat dari beberapa engagement Indonesia dengan G-20,” tuturnya.

Adi menyebut, industri jasa keuangan membutuhkan komitmen penguatan pengawasan terintegrasi dan akan dipegang oleh OJK. Dari data yang dipaparkan, ada sekitar 70% masyarakat membutuhkan akses pembiayaan. Mereka juga masih membutuhkan dukungan pemerintah terutama dari sisi literasi, akses terhadap pasar, infrastruktur, dan pemberdayaan.

Khusus  pada UMKM, dia menekankan perlu adanya penyedia informasi peminjam yang dapat mendukung daftar hitam atau blacklist terhadap pelaku yang akan mempengaruhi atau mengancam kredibilitas di sektor ini. Apalagi banyak kasus yang menyeret pelaku UMKM yang terjerat pinjaman online.

Dia juga mengatakan asuransi kredit dan lembaga sertifikasi profesi dalah salah instrumen yang sudah ada dan banyak mendukung pengembangan umkm.

Baca Juga  Inilah 7 Aplikasi Ojek Online di Indonesia yang Ternyata Sudah Gulung Tikar : Okezone Economy

“Namun ini salah satu yang harus didorong sejalan dengan visi penguatan kemampuan dari pelaku usaha di sektor ini untuk memenuhi kebutuhan UMKM,” katanya.

Profil Adi Budiarso :

2020 : Kepala Pusat Kebijakan Sektor Keuangan, Badan Kebijakan Fiskal, Kementerian Keuangan sejak 2020
2020 : Wakil Kedeputian Indonesia pada Financial Stability Board (FSB) sejak 2020
Desember 2021 : Dewan Komisaris PT Sucofindo
2018 – 2020 : Kepala Pusat Kebijakan Pembiayaan Perubahan Iklim dan Multilateral. Serta Kepala Pusat Pembinaan Profesi keuangan
2014 – 2018 : Chief of Organizational Transformation Officer di Central di Central Transformation Office, Kementerian Keuangan

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *