Bank Adopsi AI, Dirut Bank Mandiri (BMRI): No One Left Behind!

Berita56 Dilihat


Jakarta, CNBC Indonesia – Perkembangan teknologi kecerdasan buatan atau artificial inteligence (AI) juga telah diadopsi industri perbankan. Salah satu perusahaan yang mengimplementasi hal tersebut adalah PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. 

Emiten bersandi BMRI itu telah mengadopsi AI untuk kegiatan operasional. Lantas bagaimana nasib sumber daya manusia di bank BUMN tersebut? 

Direktur Utama Bank Mandiri Darmawan Junaidi mengatakan bahwa adopsi AI sejalan dengan transformasi digital yang sudah dilakukan bank pelat merah itu sejak tahun 2021. Dalam proses tersebut, pertumbuhan bisnis Bank Mandiri disebut semakin besar didukung oleh digital channel digital.

Darmawan menyebut penggunaan AI akan lebih banyak membantu pekerjaan dengan ukuran yang lebih masif, yang selama ini dikerjakan secara manual oleh tenaga manusia.

“Nah, dengan adanya AI ini, tentunya banyak sekali pekerjaan yang mungkin secara jumlah besar ini yang akanmensimplifikasi proses bisnis di Bank Mandiri,” katanya  di Konferensi Pers Mandiri Invesment Forum 2024, Selasa (5/3/2024).

Kendati semakin masif menggunakan teknologi, Darmawan memastikan hal itu tidak berdampak terhadap jumlah karyawan bank. Dia menjelaskan sebelum melakukan transformasi digital, bank berlogo pita emas itu sudah lebih dahulu melaksanakan low cost program.

“Sehingga, no one left behind. Jadi seluruh Mandirian akan berpartisipasi. Tentunya, yang tadinya mungkin pekerjaan akan digantikan dengan teknologi dengan adanya inovasi digital, dia akan berubah karir. Mungkin lebih banyak ke operasional atau mungkin fungsi marketing keluar atau mungkin fungsi-fungsi bisnis yang lain. Jadi tidak ada layoff karyawan,” pungkasnya.

Mengutip laporan tahunan 2023, jumlah karyawan Bank Mandiri naik 2% secara tahunan (yoy) menjadi 38.965 orang. Pertumbuhan ini lebih tinggi dibandingkan dengan tahun sebelumnya sebesar 0,95% yoy. 

Baca Juga  Data Penting AS Kembali Turun, Wall Street Kembali Berpesta

[Gambas:Video CNBC]


Artikel Selanjutnya


Target Kredit Tumbuh 12%, Ini Sektor Incaran Bank Mandiri

(mkh/mkh)


Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *