Backlog Rumah 12,7 Juta Unit, PUPR Minta Kredit Disesuaikan untuk Milenial dan YouTuber : Okezone Economy

Berita105 Dilihat

JAKARTA – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mencatat jumlah backlog perumahan di Indonesia masih sebesar 12,7 juta. Untuk itu, berbagai upaya, program dan lainnya terus didorong termasuk membuat inovasi pembiayaan bagi para YouTuber supaya bisa memiliki rumah.

Direktur Jenderal Perumahan Iwan Suprijanto mengatakan, angka tersebut bisa naik dikarenakan pertumbuhan keluarga baru tembus 700 – 800 ribu per tahun.

Menurutnya, salah satu upaya menekan angka backlog adalah dengan memberikan inovasi pembiayaan yang sesusai dengan portofolio pendapatan anak muda atau generasi milenial.

“Karena terus terang mayoritas generasi milenial ini banyak bekerja di sektoral informal, ada konten YouTuber dan sebagainya, yang bekerja secafa kreatif dan sebetulnya pendapatannya juga luar biasa,” ujar Iwan dalam acara Akad Masal Bank BTN di Tangerang, Selasa (8/8/2023).

Di samping itu, Iwan menjelaskan, dalam RPJMN 2020-2024 Pemerintah menargetkan peningkatan akses rumah layak unk memjadi kurang lebih 70% untuk tahun 2024. Hal tersebut menurutnya dapat dicapai dengan cara menyediakan kemudahan akses pembiayaan.

“Bank BTN sebagai salah satu bank BUMN punya peran yang sangat penting dalam program PSR (Program Sejuta Rumah), baik KPR Subsidi maupun non subsidi, saya mendorong BTN untuk menciptakan pembiayaan alternatif yang kreatif dan inovatif khususnya intuk gerasi milenial,” sambungnya.

Baca Juga: Bertabur Hiburan dan Edukasi Keuangan, Pesta Rakyat Simpedes 2023 Siap Menyapa Warga Bandung


Follow Berita Okezone di Google News


Lebih lanjut, saat ini Kementerian PUPR sendiri terus berupaya untuk memberikan akses masyarakat ke hunian layak huni dan terjangkau kepada seluruh masyarakat Indonesia. Diantaranya lewat pembangunan rumas susun, rumah khusus, rumah swadaya, serta mendukung penyediaan hunian bagi ASN/TNI/Polri.

Baca Juga  2 Komisioner Baru OJK Diumumkan Agustus, Urus Kripto dan Modal Ventura

Kemudian dari sisi keterjangkauan harga rumah untuk masyarakat Indonesia, saat ini Kementerian PUPR memiliki program FLPP (Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan), Subsidi Bantuan Uang Muka, dan Program lainnya.

“Bung Hatta dalam kongres perumahan sehat pernah berkata, bahwa cita-cita perumahan rakyat tercapai apabila kita berusaha dengan penuh kepercayaan, semua pasti bisa,” pungkasnya.

Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis Okezone.com tidak terlibat dalam materi konten ini.

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *